Pages

Wednesday, October 3, 2012

Alfabet Fonetik (Phonetic Alphabets, eng)

Alfabet Fonetik (Phonetic Alphabets) adalah daftar kata-kata yang digunakan untuk mengidentifikasikan huruf dalam pesan yang disampaikan melalui radio / telefon. Atau dengan kata lain, merupakan daftar kata-kata yang disetujui untuk menggantikan sebuah huruf dalam mengeja. Ada beberapa sistem Phonetic Alphabet yang biasa digunakan dalam mengeja kata, NATO (or Military) Phonetic Alphabets, Western Union Phonetic Alphabets, Indonesian Phonetic Alphabets. Namun yang umumnya dipakai dalam percakapan adalah NATO Phonetic Alphabets dan Indonesian Phonetic Alphabets (biasanya dipakai dalam percakapan antar sesama orang Indonesia)

Sebagai contoh, jika saya ingin mengeja nama saya, "LENNY" dengan menggunakan sistem NATO Phonetic Alphabets, akan menjadi "Lima Echo November November Yankee" atau jika menggunakan Indonesian Phonetic Alphabets, maka akan menjadi "London Echo November November Yankee"

Untuk memudahkan, berikut saya rangkumkan daftar sistem Alfabet Fonetik (Phonetic Alphabet) dalam sebuah tabel seperti di bawah ini:

Phonetic Alphabets


No comments: